Kapolda Jatim Letakkan Batu Pertama Ground Breaking Bangunan Kantor Polri di Kawasan Industri dan Pelabuhan JIIPE

 

GRESIK, Ground Breaking Bangunan Kantor Polri di Kawasan Industri dan Pelabuhan "Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) Kabupaten Gresik Jawa Timur segera dimulai.

Hal itu dengan ditandainya peletakan batu pertama pembangunan kantor Polisi Kawasan Khusus tersebut oleh Kepala Kepolisian RI Daerah ( Kapolda ) Jawa Timur, Irjen Pol Dr. Toni Harmanto,M.H, Rabu (23/8).

Peletakan batu pertama tersebut juga disaksikan oleh para Pejabat Utama Polda Jatim, para Kapolres/tabes/ta jajaran Polda Jatim, Direktur Utama PT.Berkah Kawasan Manyar Sejahtera, Pejabat PT.PELINDO dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gresik.

Irjen Pol Toni Harmanto mengatakan, Polri kedepan terus dituntut oleh masyarakat dalam masalah tugas tanggung jawab keamanan dan ketertiban Masyarakat (Kamtibmas ) termasuk di Kawasan obyek – obyek vital.

Kapolda Jatim itu menyebut isu - isu juga berkaitan dengan kebijakan politik, ekonomi, sosial budaya dan yang lain juga akan terus mendongkrak beban kinerja kepolisian, terlebih di tahun politik.

Oleh karenanya di Kawasan Industri dan Pelabuhan "Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) Kabupaten Gresik tersebut perlu dibangunnya kantor Polisi dengan berbagai pertimbangan demi terwujudnya Kamtibmas yang dimaksud.

"Salah satunya dengan pembangunan sarana dan prasarana yang ada yang harus dilakukan termasuk di tempat ini," kata Irjen Pol Toni.

Kapolda Jatim mengungkapkan pembangunan kantor Polisi Kawasan Khusus tersebut pihak JIIPE telah mengalokasikan area dan bahkan menyiapkan untuk pembangunan yang akan diperuntukkan bagi markas kepolisian.

“Tentu untuk personel yang akan bertugas melaksanakan kegiatan pengamanan di kawasan ini,”terang Irjen Pol Toni.

Seperti diketahui bahwa kawasan Industri dan Pelabuhan JIIPE Gresik itu mempunya nilai strategis yang sangat tinggi.

Alokasi tenaga kerja dan lebih kurang 60 perusahaan yang juga akan beroperasional di kawasan Industri dan Pelabuhan JIIPE Gresik itu.

“Ditambah lagi dengan impek dari kegiatan ekonomi yang akan lahir yang tentunya tidak hanya di Gresik bahkan di seluruh Jawa Timur dan tingkat Nasional," jelas Irjen Toni.

Untuk itu lanjut Irjen Pol Toni Harmanto ada tuntutan tugas yang memang harus terjawab dengan menyiapkan dengan baik personel kepolisian dalam hal ini Polda Jatim.

Kapolda Jatim juga memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi tingginya kepada seluruh manejemen JIIPE, yang turut membangun markas Kepolisian sebagai satu jawaban untuk menindaklanjuti kegiatan kawasan ekonomi khusus tersebut.

“Atas nama Polda Jatim saya sampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi tingginya kepada seluruh manejemen JIIPE, terutama dalam memberikan jaminan usaha perbaikan perbaikan ekonomi yang akan terjadi, baik di Gresik, jawa timur maupun tingkat nasional," pungkasnya

Sementara itu Direktur Utama Berkah Kawasan Manyar Sejahtera, Bambang Setiono juga menyampaikan terimakasih kepada Kapolda Jawa Timur yang meresmikan Ground Breaking untuk pembangunan Polres Pelabuhan dan Kawasan Industri JIIPE.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolda dan jajarannya yang mana hari ini bisa terlaksana Ground Breaking untuk pembangunan Polres Pelabuhan dan Kawasan Industri JIIPE ini,”ungkap Bambang.

Ia berharap keamanan di JIIPE bisa terjamin karena dengan adanya kantor kepolisian yang tentu akan ditempatkan personel – personel Polda Jatim yang professional dalam melaksanakan tugas dan wewenang dengan mengedepankan tanggungjawab.

"JIIPE ditetapkan sebagai obyek vital Nasional MoU kerjasama pengamanan yang telah dilaksanakan Ground Breaking bangunan Polri yang akan menjadi cikal bakal kantor kepolisian kawasan industri dan pelabuhan," lanjut Bambang.

Ia juga menyebut JIIPE menjadi bukti Negara hadir dalam pengembangan kawasan ekonomi dan memberikan rasa aman kepada para pelaku usaha baik domestik maupun Internasional.

"Integrasi kawasan industri dan pelabuhan menjadi daya dukung program hilirisasi pemerintah yang mulai terbentuk di JIIPE,”ungkapnya.

Dan dengan adanya status KEK lanjut Bambang, menjadi daya dorong masuknya foreign direct investment.

“Hal ini diharapkan secara ultimed mencapai 16 milliar us dollar dan dapat menyerap tenaga kerja 200 ribu orang,” pungkas Direktur Utama Berkah Kawasan Manyar Sejahtera itu.

Usai peletakan batu pertama dimulainya Pembangunan, Kapolda Jatim Irjen Toni Harmanto diiukuti oleh seluruh PJU dan Kapolres jajaran Polda Jatim melakukan penanaman pohon di PT berkah kawasan manyar sejahtera, di KEK gresik JIIPE. (*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama